Biaya Paket Umroh Standar Kemenag

Paket Biaya Umroh 2020 Standar Kemenag RI

Biaya Paket Umroh 2020 – Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam Islam. Secara bahasa Umroh berarti Ziarah. Secara syariat, umroh adalah berkunjung ke Baitullah untuk melakukan serangkaian ibadah yaitu Thawaf, Sa’i, dan tahallul yang dilakukan setelah berniat (ihram) di miqat.

Animo masyarakat muslim Indonesia melaksanakan umroh cukup besar. Sebab, untuk melaksanakan haji atau rukun Islam yang kelima harus melewati masa tunggu yang cukup lama bahkan hingga puluhan tahun.

Berikut lama masa tunggu jamaah haji Indonesia di seluruh Provinsi

1). Papua 20 Tahun 17). Kalbar 17 Tahun
2). Papua Barat 15 Tahun 18). Jatim 26 Tahun
3). Maluku 11 Tahun 19). Jateng 22 Tahun
4). Maluku Utara 15 Tahun 20). D.I. Yogyakarta 25 Tahun
5). Sulut 12 Tahun 21). Jabar 17 Tahun
6). Gorantalo 12 Tahun 22). DKI Jakarta 21 Tahun
7). Sulteng 17 Tahun 23). Banten 20 Tahun
8). Sultra 20 Tahun 24. Lampung 17 Tahun
9). Sulbar 20 Tahun 25). Bengkulu 16 Tahun
10). Sulsel 29 Tahun 26). Sumsel 18 Tahun
11). NTT 19 Tahun 27). Kep. Bangka 20 Tahun
12). NTB 28 Tahun 28). Jambi 24 Tahun
13). Bali 22 Tahun 29). Sumbar 19 Tahun
14). Kaltim 28 Tahun 30). Riau 20 Tahun
15). Kalsel 31 Tahun 31). Kep. Riau 17 Tahun
16). Kalteng 21 Tahun 32). Sumut 17 Tahun
Sumber: Siskohat data 18 Juni 2019

Melihat lamanya daftar tunggu haji diatas, tidak heran jika banyak calon jamaah haji memilih pergi umroh terlebih dahulu sembari menunggu waktu penggilan haji mereka.

Pilihan Paket Umroh

Untuk memfasiliasi masyarakat muslim Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah beragam pilihan paket umroh yang ditawarkan biro travel penyelnggara, diantaranya yaitu paket umroh promo, paket umroh reguker, paket umroh VIP, paket umroh plus turki, dubai, cairo, eropa dll.

Adanya beberapa pilihan paket umroh tersebut tentu akan membantu masyarakat yang akan pergi umroh, karena mereka bisa lebih mudah menyesuaikan badget dan class hotel yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Standar Biaya Umroh

Pemerintah Republik Indonesia resmi menetapkan standar biaya umroh sebesar Rp 20.000.0000. Besaran biaya umroh tersebut resmi ditetapkan melalu KMA Nomor 221 Tahun 2018 tentang BPIU Referensi yang diterbitkan per tanggal 13 April tahun 2018.

Standar biaya umroh sebesar 20 juta rupiah dihitung berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) ibadah umrah dari penyelenggara yang meliputi:

  • Tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi dan dari Arab Saudi ke Indonesia paling banyak 1 kali transit dengan paling banyak 2 maskapai penerbangan.
  • Hotel tempat menginap di Mekah paling jauh 1.000 meter dari Masjidil Haram dan di Madinah masih dalam wilayah Markaziyah. Selain itu, hotel yang digunakan paling renda hotel bintang 3 dan satu kamar paling banyak diisi 4 orang.
  • Makan 3 kali sehari sesuai standar kesehatan (higienis)
  • Asuransi jiwa, kesehatan dan kecelakaan
  • Pengurusan dokumen perjalanan bagi jamaah
  • Pengurusan dokumen jamaah sakit, meninggal dan dokumen lain yang dianggap perlu
  • Memberikan bimbingan manasik paling sedikit satu kali
  • Menyediakan petugas pendamping paling sedikit 1 petugas
  • Menyediakan transportasi darat (bus AC) selama di tanah suci

Sumber: Kementerian Agama RI

Stndar biaya umroh yang ditetapkan pemerintah melalui KMA No 221 Tahun 2018 tentang BPIU Referensi diatas bukan batas biaya umroh minimum melaikan batas biaya umroh standar pelayanan minimal. Nah, jadi tidak heran jika masih banyak PPIU yang menawarkan paket umroh dibawah 20 juta rupiah karena memang tidak ada auturan yang melarangnya.

Walaupun demikian, masyarakat harus lebih selektif dan teliti dalam memilih paket umroh yang ditawarkan penyelenggara, jangan mudah tergiur dengan harga murah, apa lagi harga yang ditawarkan jauh dibawah standar besaran biaya umroh yang ditetapkan pemerintah diatas.

Tips Cara Memilih Travel Umroh yang Aman

Pergi umroh di era sekarang ini, Anda tidak lagi repot untuk mempersiapkannya seorang diri, karena saat ini sudah banyak travel umroh yang menawarkan jasanya untuk mempermudah perjalanan ibadah Anda.

Namun banyaknya travel umroh yang tersebar di seluruh penjuru kota di Indonesia menjadikan Anda harus lebih jeli dalam memilih nya agar tidak menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh segelintir oknum nakal.

Masih bingung bagaimana cara meilih travel umroh yang baik? Berikut tips yang bisa Anda lalukan:

1. Pilih Travel Resmi
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ijin dari Kementrian Agama terkait perusahaan travel tersebut. Yang mana perusahaan travel sudah harus terdaftar secara resmi dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan serta memiliki surat-surat izin di bawah ini.

  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata.
  • NPWP perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Keterangan Dominsili Perusahaan
  • SK Kementrian Kehakiman: Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh.
  • Sertifikat Anggota Amphuri / Himpuh dll.
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI.

2. Perhatikan Rekan Jejak Travel
Standar lain yang harus dimiliki agen travel umroh terpercaya adalah memiliki rekam jejak yang baik. Anda dapat melihat bagaimana rekam jejak perusahaan travel tersebut dari review yang diberikan oleh customer sebelumnya.

Biasanya semakin lama sebuah perusahaan travel berdiri, maka akan semakin banyak review yang diberikan. nah dari sinilah Anda bisa langsung menilai bagaimana track record perusahaan travel tersebut.

3. Periksa Alamat Kantor Travel
Sebelum memutuskan untuk menggunakan travel atau paket umroh tersebut, Anda dapat mengecek alamat kantor travel tersebut. Terlebih lagi jika Anda mencari agen travel tersebut via online.

Pastikan setelahnya Anda langsung cek langsung alamat kantornya. Jika perlu Anda bisa melakukan pendaftaran langsung ke kantor dan tidak melakukan transaksi apapun secara online.

4. Cek Fasilitas yang Diberikan
Setiap perusahaan travel yang terpercaya pasti akan terbuka tentang fasilitas apa saja yang bisa didapatkan oleh calon jamaah umroh. Disini Anda akan dijelaskan secara rinci fasilitas apa yang sudah termasuk paket umroh dan fasilitas apa saja yang harus bayar sendiri.

Biasanya banyaknya fasilitas yang diberikan akan tergantung dengan harga paket umroh yang Anda bayarkan. Semakin tinggi biaya biasanya fasilitas yang didapatkan pun akan semakin bagus dan lengkap.

5. Cek Cara Pembayaran dan Pendaftaran
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda melakukan pendaftaran langsung di kantornya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kredebelitas perusahaan travel tersebut.

Selanjutnya cek cara pembayaran, biasanya perusahaan travel terpercaya memiliki rekening dengan atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Jadi berhati-hatilah jika Anda disuruh melakukan pembayaran ke rekening atas nama pribadi sebaiknya jangan hindari.

Itulah beberapa informasi terkait pilihan paket umroh, standar biaya umroh, dan tips cara memilih travel umroh. Semoga bermanfaat. Be smart customer ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *