Apa Itu Umroh Backpecker

Apa Itu Umroh Backpaker?

Umroh adalah salah sat alternative bagi umat muslim untuk mengobati rindu terhadap rumah Allah. Dimana umroh bisa dilakukan kapan saja, sehingga Anda tak perlu menunggu musum haji ataupun mengantri keberangkatan seperti ibadah haji.

Waktu pelaksanaanya yang lebih singkat juga menjadikan biaya untuk umroh menjadi lebih miring. Bahkan sekarang ini popular umroh backpacker yang cocok untuk Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh namun tak memiliki cukup budget.

Umroh backpacker adalah umroh yang dilakukan seorang diri tanpa menggunakan jasa agen travel umroh. Meskipun Anda harus menyiapkan segala sesuatunya seorang diri, namun umroh backpacker bisa menghemat biaya cukup banyak.

Perjalanan umroh secara personal ini juga kerap dilakukan oleh mereka yang merasa ‘kurang percaya’ dengan agen travel. Mengingat sudah begitu banyak kejadian tidak menyenangkan yang berkaitan dengan agen-agen travel umroh, seperti penipuan.

Untuk menjalankan ibadah umroh backpacker, ada beberapa hal utama yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Yang pertama tentunya transportasi untuk sampai ke Arab Saudi hingga ke Masjidil Haram.

Selanjutnya Anda perlu mempersiapkan penginapan untuk kurang lebih 10 hari di tanah suci. Hotel yang dapat Anda pilih pun bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika penginapan sudah oke, selanjutnya cek persiapan pribadi Anda seperti pakaian Ihram dan keperluan lain seperti buku doa dan lain-lain.

Meskipun dilakukan secara personal, namun Anda tetap harus memastikan semua tersedia lengkap dan perjalanan Anda tetap menyenangkan.

 

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Untuk Umroh Backpacker :

Nah bagi Anda yang sedang merencanakan untuk umroh backpacker, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum keberangkatan.

  1. Waktu Keberangkatan

Walaupun Anda akan pergi sendiri, namun waktu keberangkatan harus direncanakan dengan baik. Hal ini akan berkaitan langsugng dengan visa, tiket pesawat, cuaca dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui jika pembuatan visa umroh hanya dibuka pada bulan Shafar sampai bulan Ramadhan (8 bulan kerja efektif).

Pembukaan visa umroh ini dipilih demi menghindari high season sata blan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan. Selain itu cuaca juga harus ANda perhatikan dengan baik, seperti bulan Februari sampai Mei yang merupakan bulan efektif dengan cuaca yang mendukung.

  1. Tiket Pesawat

Salah satu tujuan Anda melakukan umroh backpacker adalah untuk meminimalisir biaya umroh, oleh sebba itu Anda juga harus pandai memilih tiket pesawat yang murah namun tetap menawarkan fasilitas baik.Disini Anda bisa pandai-pandai mencari promo yang tersedia di tanggal keberangkatan dan kepulangan Anda dari tanah suci.

Selain mencari promo, Anda juga bisa menyiasatinya dengan pergi ke negara yang lokasinya dekat dengan Madinah atau Jeddah terlebih dahulu. Bisa juga pergi ke negara tetangga yang tak membutuhkan visa lagi, seperti Filipina, Thailand, Singapura, Myanmar atau Laos.

  1. Makanan

Satu hal penting yang kerap kali luput dari perhatian, yakni makanan. Di Mekkah sendiri begitu banyak macam makanan yang bisa Anda santap. Tentunya harga setiap makanan berbeda, untuk itulah Anda harus mempersiapkan makanan apa saja yang kiranya ramah dengan kantong.

Selain mencari informasi tempat makan murah, Anda juga bisa pergi ke warung kaki lima yang banyak ditemuka di sekitaran MAsjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tak hanya itu, Anda juga bisa memesan catering hotel seperti yang biasa digunakan oleh jamaah haji regular.

Jika 3 hal utama di atas sudah Anda pertimbangan dan persiapkan dengan baik, kemungkinan umroh backpacker Anda akan berjalan lancar.

Selamat menjalankan ibadah Sunnah umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *